Kamis, 13 September 2012

Souvenir Gitar


Hampir setiap orang mengenal yang namanya gitar. Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar terbuat dari nilon mapun baja. Secara umum gitar terbag atas 2 jenis yaitu akustik dan elektrik.


Namun lain halnya yang saya jumpai siang itu di awal tahun 2012 lalu. Saya diajak kawan lama, Endro Burger, mampir di Ex Penampungan para calon transmigran, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Jember. Setelah mendekati salah satu gedung dikomplek itu, sayup - sayup saya mendengar suara mesin. Begitu masuk, kulihat banyak gitar - gitar dengan berbagai model terpajang didinding ruang yang terlihat berantakan.

Sambil menuju orang yang sedang asyik menggosok kayu kecil, pandanganku menyapu semua dnding dan ruangan itu secara sekilas. Namun, sekilas pandangan itu sudah dapat saya tebak bahwa ruangan itu merupakan tempat pembuatan gitar. Pak Iwan, nama orang yang meggosok kayu kecil tadi, sambil menikmati rokok "tingwe"nya mempersilahkan kami dengan ramah.
Pak Iwan, kreator gitar

"Gitar Mini" alias "Gitar Kecil". Yaa.. gitar yang berikuran sangat kecil, kurang lebih panjang badannya cuma 15 - 20 centi meter. Tepatnya sebuah souvenir gitar. Selain banyak gitar - gitar yang biasa digunakan, di ruangan itu juga banyak saya jumpai bahan setengah jadi maupun souvenir gitar yang sudah jadi. 

Pak Iwan, si kreator gitar dan souvenir gitar ini menuturkan proses pembuatan gitar dengan detail. Gayanya yang santai dan jenaka, beliau menerengkan pemasaran semua produksinya, terutama souvenir gitar. Beliau selain kreator gitar, juga sebagai guru musik privat di Jember dan sekitarnya. Tak heran kalau Pak Iwan tahu betul cara membuat gitar bersuara bagus dan enak digunakan.

Justru yang lebih laku di pasar adalah souvenir gitarnya, dibandingkan gitar besar. Permintaan souvenir gitar lebih diperuntukkan sebagai cinderamata atau koleksi. Bentuknya yang kecil, indah sangat menarik pembei yang rata - rata pemain musik dan pecinta musik. Harganya tidak terlalu mahal dan sangat terjangkau. Harga 1 gitar souvenir Variasinya antara Rp. 100.000 - Rp. 500.000, tergantung bentuk, bahan dan besarannya.
Gitar (souvenir) yang tinggal finishing

Salah satu bentuk souvenir gitar Pak Iwan

Bahan setengah jadi untuk souvenir gtar. bahannya dari kayu sawo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar