Sabtu, 25 Februari 2012

Tepat Waktu Bersama KA Sri Tanjung


Baru kali ini saya dan orang - orang yang pada hari kebetulan naik kereta api ekonomi Sri Tanjung merasakan kepuasan terkait ketepatan waktu berangkat (departure time) dan tiba (arrival time). Kereta ekonomi jurusan Yogyakarta - Banyuwangi itu, menurut jadwal, tiba di stasiun Jombang pukul 12.15 WIB dan berangkat pukul 12.22 WIB. Pukul 12.10 WIB petugas stasiun memberitahukan bahwa kereta Sri Tanjung akan tiba dan penumpang diharapkan bersiap - siap. Saya spontan berkomentar "Kok tumben tepat waktu" karena saya sudah menunggu di stasiun Jombang sekitar 30 menit. Setelah 6 jam lebih menempuh perjalanan, saya turun di stasiun Jember. Saya lihat jam di dinding stasiun, jarumnya menunjuk pukul 18.10. Waah... tepat banget, sesuai dengan jadwal tiba kereta. Saat itu juga  saya ingat lagu "Kereta Tiba Pukul Berapa"nya Bang Iwan Fals :
 ..................................
Sampai stasiun kereta, Pukul setengah dua
Duduk aku menunggu, Tanya loket dan penjaga
Kereta tiba pukul berapa, Biasanya...kereta terlambat
Dua jam mungkin biasa, Dua jam cerita lama

Waaah...harapan Bang Iwan dan masyarakat pengguna jasa kereta api puluhan tahun lalu baru terwujud walo cuma satu kereta ekonomi hari ini. Saya berfikir, andaikan kereta api di Indonesia terutama di Jabodetabek seperti kereta Sri Tanjung hari ini... ehmm tentu tidak ada lagi kemacetan, orang naik di atas gerbong dan seterusnya.

Langkah PT. KAI menertibkan penumpang kereta ekonomi dengan mengatur nomer gerbong dan tempat duduk, melarang pengantar masuk area dalam stasiun, melarang penjual asongan berjualan dalam kereta (tetapi mendapat protes) cukup memberikan dampak yang bagus bagi kenyamanan penumpang. Semoga dari yang kecil ini dapat membawa dampak yang lebih besar bagi perbaikan pelayanan kereta api Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar