Jumat, 13 Januari 2012

Sumangat Pagi...!!


Pagi ini, setelah mengantar istri ke kantor, aku meluncur ke kota Kediri untuk mengambil pesanan barang di shop agent Sophie Martin. Sebelum ke shop agent barang produk Perancis itu, aku mampir dulu ke komplek warung kopi di sekitar stadion Brawijaya. Suasana teduh dan asri sangat terasa dari rindangnya pohon trembesi yang tumbuh di kawasan Tirtoyoso tersebut. Mungkin karena rindangnya itulah membuat betah para “warunger” duduk – duduk di warung kopi itu.
Tampak kawan – kawan sales, karyawan bank, karyawan lising, debt collector, tukang becak dan masih banyak lagi duduk santai sambil menikmati secangkir / segelas kopi dan sepuntung rokok sambil baca Koran yang disediakan oleh penjualnya. Ada sekelompok orang yang sedang ngobrol ringan tentang pekerjaan, hasil kerja kemarin, cerita keluarga, acara televisi semalam bahkan sampai cerita cabulpun tak terlupakan. Kelihatan sekali mereka menikmati suasana yang merdeka itu. Akupun juga menikmati pagi di warung kopi itu dengan ditemani segelas kopi susu sambil baca Koran Surya (seadanya). Sungguh asyik banget suasana di warung kopi di pagi hari ini….

Petani Dapat Akses Cuaca dari HP (hand phone)
Mata liarku langsung menjelajah halaman depan Koran Surya itu, dan terhenti pada bagian bawah. “Kementan tertarik Karya Mahasiswa UPN Surabaya” begitu kira – kira judul berita tersebut. Spontan aku tertarik, karena pada saat ini petani – petani Indonesia sangat membutuhkan teknologi baru untuk meningkatkan produksinya ditengah keterbatasan modal, lahan, tenaga kerja dan cuaca yang sangat tidak menentu. Dan kebetulan sekali aku mengambil tema tesis, introducing teknologi (irrigation management) dalam usahatani padi.
Pelan – pelan aku baca dan amati berita yang mungkin dapat bermanfaat bagi petani. Setelah aku baca, aku sangat mengapresiasi temuan Eva Yuni Purwaningsih mahasiswa fakultas Teknologi Informatika UPN Surabaya. Mahasiswa yang baru saja lulus dengan Indeks Prestasi komulatif 3,90 itu menemukan software system informasi cuaca melalui ponsel. Data yang disajikan adalah ramalan cuaca selama satu bulan tentang prediksi hujan, dan data tersebut dapat diperoleh dengan cara mendaftar di www.informasicuaca.com. Setiap bulan, orang yang sudah mendaftar dan mengisi formulir dalam website itu akan mendapat SMS tentang prediksi cuaca sebelan kedepan.
Hasil karya Eva ini mendapat apresiasi dan perhatian dari kementrian Pertanian. Pengembangan atas karya tersebut perlu kiranya ada kerjasama dengan BMKG sehingga data yang disajikan akan lebih komplit. Kiranya teknologi informasi ini sangat perlu dikembangkan untuk memberikan informasi cuaca kepada petani. Dengan informasi itu, petani akan lebih tenang dalam melakukan usahataninya.
Semoga saja temuan sederhana itu dapat bermafaat bagi masyarakat terutama petani dan bebas dari politisasi serta latah masyarakat.

Facebooker
Pagi ini aku angkat status “Penyakit atau watak??? Klo ada kesuskesan yang gemilang, aka nada KLAIM seakan hasil karyanya sendiri”. Beragam komentar yang muncul, rata – rata mengecam “klaimer” seperti itu apalagi Zamroni yang pernah mengalami seperti itu. Tetapi ada komen menarik dari Andrew yang menyoroti sifat itu merupakan potensi yang cerdas, cepat dan memungkinkan orang yang mempunyai sifat seperti itu akan hidup sukses. Terima kasih atas komentar – komentarnya…..
          Ada dua status yang menarik dari Ir. Jhoni Murti Mulyo Aji, MSc. PhD dan Lik Wan. Mas Jhoni (begitu aku panggil karena selain dosen pembimbing tesis-ku di pascasarjana Unej juga teman diskusi) menyoroti data BPS yang berbeda tentang tingkat konsumsi beras nasional bulan Oktober 2011 dan akhir 2011. Data terbaru menyebutkan tingkat konsumsi beras tahun 2011 sebesar 135 kg/tahun/orang, padahal bulan oktober 2011 kemarin sebesar 80 – 90 kg/tahun/orang. Perbedaan itulah yang kadangkala membuat kebijakan salah terhadap tingkat konsumsi masyarakat Indonesia. Malahan Dik Luh Putu (juga dosen agribisnis Unej) menyoroti metode BPS dalam mengambil data.
          Lain dengan Mas Dr. Jhoni, Bu Lik Wan dengan lugas membuat status “Lambemu Mbang.. Mbang…” sambil mencantumkan tautan tentang Bambang Soesatyo (anggota komisi III DPR RI) hehe….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar